Kami dan Kita

Bahasa Indonesia itu bahasa yang indah loh sekaligus paling liberal. Liberal karena dia membuka ruang pada bahasa apapun untuk diserap. Oh iya, gw bukan ahli bahasa sih, cuma teringat pada dua kata dalam bahasa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bahasa Inggris, apa itu? ya mereka adalah Kita dan Kami, dibahasa Inggris kedua kata itu ya menyatu pada we.

Anak baru gede (ABG) labil kan biasanya pas lagi ngobrol, trus lawan bicaranya ngomong kita, sontak dia menjawab “Kita?”, karena dianggapnya ada keterkaitan antara dirinya dengan si penanya. #hadeehgeernya.

Nah, penempatan kata Kita dan Kami itu kan beda dan tidak jarang pula banyak orang yang salah. Humm, contohnya saat konferensi pers sepasang artis saat mengumumkan rencana pernikahan mereka.

“Kita akan menikah minggu depan di Bogor,” tutur A dan B.

he? Kalo dia ngeh mah, artinya sepasang artis itu ngajak nikah wartawan, kameramen dan siapapun yang hadir di konferensi pers itu. hoho, tapi banyak yang nggak ngeh loh.

Nah, sepasang artis itu kudunya kan pake kata Kami di sana.

“Kami akan menikah minggu depan di Bogor,” tutur A dan B.

Hadirnya Kita dan Kami sebenarnya hanya sebuah keunikan diantara bahasa kita. Gw cuma nyadar dikit aja.

Nah, jika Kita adalah konsistensi atas penolakan-penolakan maka Kami adalah ruang baru untuk mencari kesadaran.

‘Jauh’

malam ini aku mencoba beranjak bangun
melihat kegusaran di sekelilingku

aku melihat ada gelak tawa
namun, lebih banyak tangisan

entah apa yang terjadi
mungkin aku sudah tahu
tapi tak pernah lagi mau tahu

apa hati ini kian kebas
melihat kemanusiaan dihabisi

aku rasa,
aku semakin jauh dari ‘melawan’

Jakarta, dalam ruang pepat tak bernalar (15/5/10)

Selamat Datang !!

ini adalah ruang di mana bayang-bayang adalah kata itu sendiri. dia menjelma menjadi sesuatu yang kadang terlihat sangat nyata tapi tidak dapat dirasa. sirkuskata adalah ruang di mana otoritas saya menjadi manusia diakui karena hanya seorang saya yang menjadi raja sekaligus pengikut setianya.

namun, siapapun bisa menikmati ruang sirkuskata ini dengan dengan bebas, baca dan resapi, semua sampah literal ini, tinggal anda memilih meninggalkan jejak atau hanya sekedar lewat.tabik